Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Duku Lengkap


Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Duku Lengkap-Tanaman duku memiliki nama latin lansium domesticum corr. Tanaman duku sudah banyak tumbuh di seluruh wilayah Indonesia, sehingga kamu tidak asing bukan dengan tanaman satu ini. Buah duku ini, merupakan buah musiman yang biasanya selalu di panen pada awal tahun. Sehingga pada awal tahun kamu bisa menemukannya dimana-mana.
Selain memiliki rasa buah yang lezat, buah pada tanaman duku ini memiliki banyak sekali manfaat diantaranya yaitu dapat mencegah tumbuhnya kanker dan melancarkan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan dalam buah tanaman duku terdapat kandungan yaitu dietary fiber.
Nah setelah berkenalan sekilas dengan tanaman duku, kita akan mengenal lebih dalam tanaman duku dengan mengetahui kasifikasi dan morfologi tanaman duku. Yuk simak klasifikasi dan morfologi tanaman duku dibawah ini!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Duku
1. Klasifikasi Tanaman Duku
Tanaman duku adalah tanaman yang termasuk kingdom plantae, termasuk subkingdom trachebionta atau tumbuhan berpembuluh  dan super divisi spermatophyta atau tumbuhan yang menghasilkan biji. Nah selain itu, tanaman duku juga termasuk  divisi magnoliophyta atau tumbuhan berbunga kelas magnoliopsida atau tumbuhan berkeping dua, sub kelas rosidae, ber ordo sapindales dan termasuk family meliaceae.
Selain hal diatas tanaman duku ini memiliki genus lansium dan spesies lansium domesticum cor. Sudah lengkap bukan klasifikasi tanaman duku ini ?

2. Morfologi Tanaman Jambu
a. Batang
Karena termasuk tumbuhan berkeping dua, batang buah duku bersifat sangat keras. Batang tanaman duku berbentuk bulat dengan panjang sekitar 10 meter. Namun panjang batang duku tersebut tergantung sesuai umur tumbuhan duku tersebut. Dalam masa pertumbuhan batang tanaman duku mengarah keatas dan terdapat bintik-bintik pada permukaan kulitnya yang berbentuk silinder.
b. Akar
Berbicara tentang akar, tanaman duku memiliki akar yang tunggang. Akar tanaman duku tumbuh dengan menancap lurus kebawah. Sehingga tanaman ini semakin lama bisa tumbuh semakin kuat dan kokoh. Nah selain itu, akar tanaman duku terdapat banyak memiliki cabang mulai dari cabang yang kecil hingga cabang yang besar yang terdiri dari tudung akar dan bulu akar.
Bulu akar dalam tumbuhan duku berfungsi untuk menyerap air dan menyerap unsur hara di dalam tanah sebelum disalurkan ke seluruh bagian tumbuhan. Sedangkan tudung akar dalam tanaman duku memiliki fungsi melindungi akar yang sedang merambat.
c. Daun
Bentuk daun tanaman duku ini yaitu sirip ganjil dan terdapat anak daun yang tersusun secara berseling. Daun tanaman duku ini tumbuh dengan panjang sekitar 21 cm dan lebar hingga 9 cm. Selain itu, daun tanaman duku ini memiliki daun yang majemuk dengan pangkal daun yang berbentuk runcing dan lancip. Tulang daun tanaman duku juga memiliki bentuk yang menyirip berwarna hijau tua.
d. Bunga
Bunga ini tumbuh dari pertemuan antara cabang dan ranting tanaman duku. Ciri fisik bunga tanaman duku yaitu memiliki tangkai yang pendek dan berukuran kecil. Bunga tanaman duku ini berwarna hijau atau kuning dengan dilengkapi putik dan benang sari dalam satu tandan.
e. Buah dan Biiji
Karena termasuk tumbuhan berkeping dua atau dikotil, biji tanaman duku ini berbentuk lonjong bulat dan memiliki panjang 2mm. Biji tanaman duku dilapisi oleh buah yang kenyal dan sangat tebal. Selain biji tanaman duku memiliki buah yang berbentuk bulat dengan warna kecoklatan diameter buah duku sekitar 2-4 cm.

Nah itulah klasifikasi dan morfologi tanaman duku. Sudah mengerti bukan klasifikasi dan morfologi tanaman ini ? dengan artikel ini, pengetahuan kamu tentang tanaman duku juga semakin bertambah dan lebih mengerti tanaman duku lebih spesifik.