Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Belimbing Lengkap


Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Belimbing Lengkap-Tentu kamu tidak asing dengan tanaman yang memiliki rasa masam satu ini. Tanaman belimbing yang memiliki nama latin Averroha Carambola ini dapat kita temui diberbgai wilayah di Indonesia. Selain tersebar di wilayah indonesia, tanaman belimbing juga tersebar di beberapa negara seperti india dan srilangka. 
Nah walaupun buah yang satu ini memiliki rasa yang masam, namun tetap digemari oleh banyak orang karena memiliki sensasi menyegarkan saat memakannya. Secara umum, belimbing juga memiliki klasifikasi dan morfologi sama dengan tumbuhan yang lain. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi tanaman belimbing. Yuk simak ulasannya!


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Belimbing
1. Klasifikasi Tanaman Belimbing
Berdasarkan penelitian, tanaman belimbing masih termasuk dalam famili oxalidaceace dan ordo geraniales. Karena masih termasuk tumbuhan, tanaman belimbing ber kingdom plantae dan memiliki sub kingdom tracheobionta atau tanaman berpembuluh. Klasifikasi lain dari tanaman belimbing yaitu termasuk super divisi spermathopytha (tumbuhan menghasilkan biji), dan divisi Magniliopsyta (tumbuhan berbunga).
Nah selain itu, tanaman belimbing termasuk kelas magnoliopsida (berkeping dua), sub kelas rosidae, dan genus Averroha.


2. Morfologi Tanaman Belimbing
Setelah penjelasan tentang klasifikasi tanaman belimbing diatas, berikut ini adalah penjelasan tentang morfologi tanaman belimbing.
a. Akar
Berbicara tentang akar pada tanaman belimbing, tanaman belimbing memiliki akar yang bercabang, membentuk kerucut yang panjang, tumbuh lurus kebawah tanah dan tanaman belimbing ini tidak memiliki stipula. Akar pada tanaman belimbing memiliki beberapa bagian diantaranya yaitu pangkal akar, ujung akar, batang akar, cabang akar, serabut akar, dan tudung akar.
Nah selain itu, akar pada tanaman belimbing ini, seiring berjalannya waktu bisa menjadi sangat kuat bahkan akar tanaman belimbing ini sangat mampu menembus tanah. Sama seperti tumbuhan yang lain, akar pada tanaman belimbing ini berguna sebagai penyokong tumbuhan, menyerap zat hara dalam tanah dan menyerap air.
b. Batang
Tanaman belimbing memiliki batang yang sangat kuat dan kokoh. Kulit batangnya pun juga kasar, dan berkayu. Selain itu, batang tanaman belimbing memiliki bentuk yang bulat dengan diameter 10cm. Selama tanaman belimbing ini tumbuh, batangnya tumbuh dengan tegak keatas dan memiliki banyak sekali cabang.
c. Daun
Daun atau folium pada tanaman belimbing, memiliki bentuk yang oval dan tumbuh dengan memanjang. Daunnya berwarna hijau muda dan bahkan ada yang hijau tua. Selain itu, permukaan daun belimbing ini sangatlah datar, memiliki tangkai yang pendek dan urat didalam daun tersebut. Nah satu hal yang harus kamu ketahui, fungsi daun tumbuhan belimbing ini adalah untuk menyimpan berbagai cadangan makanan yang terdapat pada tanaman.
d. Bunga
Tahukah kamu bahwa bunga yang ada pada tumbuhan belimbing memiliki kelamin ganda ? yup dalam tumbuhan belimbing, bunganya memiliki benang sari sekaligus memiliki putik. Bunga ini, terdapat di bagian ketiak daun atau batang tua. Nah dalam melakukan penyerbukan, bunga pada tumbuhan belimbing ini biasanya dibantu oleh angina maupun dibantu oleh binatang.
e. Buah
Tentu kamu sudah mengetahui buah dari tumbuhan belimbing ini. Seperti yang biasanya kita lihat, tumbuhan belimbing memiliki bentung yang lonjong, dan ketika dikupas bagian ujungnya, bentuknya sangat menyerupai bintang. Warna dari buahnya jika masih muda yaitu kehijauan dan jika buahnya sudah tua memiliki warna yang kekuningan.

Itulah adalah klasifikasi dan morfologi tanaman belimbing. Nah, sekarang apakah kamu sudah mengenal klasifikasi dan morfologi tanaman belimbing secara keseluruhan ? dengan artikel ini, diharapkan pengetahuan tentang tanaman belimbing semakin bertambah.