Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur Lengkap


Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur Lengkap-Kamu tentu tidak asing bukan dengan buah yang satu ini ? yup buah anggur yang menjadi favorit hampir semua orang. Buah yang memiliki rasa yang lezat ini, banyak sekali kita temui di daerah subtropis maupun tropis. Buah anggur ini diperkkirakan berasal dari kawasan selatan antara laut hindia dan laut kaspia.
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur Lengkap
Selain asal usul Buah anggur ini, tahukah kamu bahwa buah anggur juga merupakan tanaman yang sangat unik lho. Karena, buah anggur ini tumbuh dengan membutuhkan musim kemarau yang panjang. Sama seperti buah-buhan yang lain, buah anggur juga memiliki klasifikasi dan morfologi. Berikut adalah klasifikasi dan morfologi tanaman anggur. Yuk simak ulasannya!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Anggur
1. Klasifikasi Tanaman Anggur
Buah anggur memiliki nama latin Vitis Vinevera. Buah yang termasuk family vitaceace dan termasuk genus Vitis memiliki kingdom Plantae atau tumbuhan dan sub kingdom tarchebionta atau tumbuhan yang berpembuluh. Klasifikasi tanaman anggur lainnya, buah ini termasuk buah dengan super divisi spermatophyta (menghasilkan biji) dan divisinya magnolipsida (berkeping dua)

2. Morfologi Tanaman Anggur
Nah setelah membahas klasifikasi tanaman anggur, selanjutnya kita akan membahas morfologi tanaman anggur. Apa saja sih morofologi tanaman anggur ? berikut adalah morfologi tanaman anggur
a. Akar
Morfologi tanaman anggur yang pertama yaitu anggur memiliki akar tunggang dan akar ini bisa menembus tanah bahkan hingga kedalaman 30-60 cm. Akar yang terdapat pada buah anggur ternyata melebar dan menjalar di permukaan tanah lho. Fungsi akar yang menjalar ini, berguna menyerap air yang berada di dalam tanah. Sehingga tumbuhan anggur bisa tumbuh dengan subur.
b. Batang
Bentuk batang pada tanaman anggur yaitu beruas-ruas, memiliki warna yang kehijauan dan ada juga yang kecoklatan dan memiliki diameter sekitar 2-5 cm. Kamu tentu sudah tahu bukan, bahwa tanaman anggur ini tumbuh dengan cara menjalar bahkan panjang batangnya hingga mencapai 8m lebih. Saat tanaman anggur ini tumbuh, ia bisa melilit tumbuhan yang ada di sekitarnya.
c. Daun
Morofologi tanaman anggur yaitu daun. Pada tanaman anggur, ia memiliki beberapa bagian helaian daun seperti helaian daun, tangkai daun dan memiliki sepasang penumpu. Bentuk daun pada tanaman anggur ini , jika diperhatikan hampir mirip seperti bentuk jantung dengan lekukan dan memiliki gerigi dibagian tepinya. Nah satu hal yang harus kamu tahu nih, saat tumbuh tanaman anggur ini bisa memiliki panjang hingga 10-14 cm lho. Dan selain hal itu, juga memiliki lebar 8-14 cm.
d. Bunga
Walaupun tanaman anggur ini yang diambil adalah buahnya, pada tanaman anggur juga memiliki bunga lho. Biasanya, bunga pada tanaman anggur ini terletak di bagian daun atau ranting. Memang, letak bunga pada tanaman anggur tidak terlalu kelihatan sehingga banyak yang tidak menyadari.
Bunga pada tanaman anggur sendiri memiliki warna merah muda hingga kekuningan dan memiliki bentuk yang bulat. Seperti bunga lainnya, dalam melakukan penyerbukan, bunga pada tanaman anggur ini dibantu oleh binatang yang berada di sekitar tanaman.
e. Buah
Pasti kamu sudah mengetahui bukan morfologi tanaman anggur yang satu ini ? seperti yang kita lihat pada umumnya, bentuk buah pada tanaman anggur berbentuk bulatan kecil dengan warna ungu atau kemerah-merahan. Isi dari buah ini berwarna putih dan memiliki biji didalamnya.

Itulah klasifikasi dan morfologi tanaman anggur secara lengkap. Dengan artikel diatas kamu bisa mengenal lebih spesifik tentang buah anggur tidak hanya tentang bentuk buahnya saja. Sudah paham bukan tentang klasifikasi dan morfologi buah anggur ? semoga bisa bermanfaat ya.