Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ceri Lengkap


Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ceri Lengkap-Kamu pasti tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang sering berada di pinggir jalan ini memiliki nama latin Tanaman Ceri adalah cerasus. Tanaman ceri ini memiliki rasa buah yang sangat manis, pasti saat kecil kamu pernah merasakan buah ceri kan ?.

Tanaman ceri ini sebenarnya merupakan tumbuhan liar yang bisa tumbuh dimana saja. Bahkan ia bisa tumbuh di tempat yang sangat kering. Oleh karena itu kita sering menemukannya di pinggiran perkotaan yang sangat padat. Walaupun tanaman ceri merupakan tanaman liar, buahnya sangat memiliki banyak manfaat salah satunya adalah sebagai antiseptik.
Nah itulah penjelasan singkat buah ceri, sekarang kita akan membahas buah ceri lebih mendetail lagi nih. Yup kita akan membahas klasifikasi dan morfologi tanaman ceri. Penasaran dengan klasifikasi dan morfologi tanaman ceri ? yuk simak ulasannya dibawah ini!

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ceri
1. Klasifikasi Tanaman Ceri
Berbicara tentang klasifikasi tanaman ceri, tanaman yang satu ini termasuk dalam kingdom plantae karena merupakan tumbuhan. Selain kingdom plantae, tanaman ceri termasuk kingdom trachebionta atau tumbuhan yang berpembuluh. Nah, klasifikasi tanaman ceri selanjutnya, tanaman ini termasuk divisi maghnoliophyta atau tumbuhan berbunga, kelas magnoliopsida atau tumbuhan berkeping dua.
Tanaman ceri ini juga termasuk ordo malvales, familia elaeocarpaceae genus muintinga dan species muintinga calabura.
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Ceri Lengkap
2. Morfologi
Nah setelah membahas tentang klasifikasi tanaman ceri, selanjutnya kita akan membahas tentang morfologi tanaman ceri. Nah apasih yang dimaksud dengan morfologi ? morfologi bisa diartikan ciri fisik yang dimiliki oleh bagian-bagian tumbuhan. Berikut ini adalah morfologi tumbuhan ceri.
a. Batang
Morfologi tanaman ceri yang pertama yaitu batang. Tanaman ceri memiliki batang yang mendatar. Selain itu batang pada tanaman ceri ini menggantung diujungnya. Sehingga, tumbuhan ceri bisa menjadi tumbuhan yang sangat rindang. Nah selain itu, pada ranting tumbuhan ceri ini memiliki rambut yang halus dan bercampur dengan rambut kelenjar.
Ciri khas dari batang tanaman ceri ini kayu batangnya yang mudah kering dan sangat lunak. Sehingga batang tanaman ceri ini sangat mudah sekali patah. Karena ciri khasnya yang mudah kering dan sangat lunak ini, banyak orang yang memanfaatkan batang tanaman ceri sebagai bahan kayu bakar, bahan tali dan bahan pembuatan pembalut.
b. Daun
Ciri fisik daun tanaman ceri sangat mudah sekali kita lihat. Daun tanaman ceri memiliki tulang daun yang menyirip. Nah fisik daun tanaman ceri ini tidaklah simetris dan memiliki tepi daun yang bergerigi. Daun tanaman ceri ini sangatlah mudah sekali tumbuh, dalam jangka waktu berapa bulan saja kita bisa melihat daun tanaman ceri yang semakin lebat.
c. Bunga
Letak bunga tanaman ceri ini umumnya berada di ketiak daun. Bunga tanaman ceri memiliki kelamin ganda dan memiliki benang sari yang sangat banyak. Bahkan benang sari pada tanaman ceri bisa mencapai jumlah 100 helai. Nah, pada saat tumbuh bunga tanaman ceri ini menonjol keluar dan berada di atas helai-helai daun.
d. Buah dan Biji
Tentu kamu sudah mengerti bahwa buah tanaman ceri ini berbentuk bulat dengan warna kemerahan dan ada yang kehijauan. Buah tanaman ceri memiliki diameter antara 1-15 cm dan didalamnya terdapat banyak biji kecil yang halus , berwarna putih kekuningan dan bijinya terbenam dalam daging buah.
Nah itulah klasifikasi dan morfologi tanaman ceri. Dengan membaca klasifikas dan morfologi tanaman ceri, pengetahuan kamu terhadap tanaman ceri juga semakin bertambah. Kamu tidak hanya melihat dengan sekilas, namun bisa mengetahui detailnya.