Macam Macam media tanaman hidroponik

Berbagai media tanam hidroponik-Macam Macam media tanaman hidroponik,Bercocok tanamn menggunakan konsep hidroponik kini semakin digemari banyak orang. hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa menggunakan mendia tanam tanam melainkan menggunakan media tanam larutan air. Larutan air tersbut adalah campuran nutrisi untuk mendukung proses pertumbuhan tanaman secara maksimal. 
Semakin berkembangnya teknologi, metode hidroponik memiliki beberapa macam media tanam. Media tanam inilah yang dimaksud sebgai pengganti tanah. Media tanamn yang ideal untuk tanaman hidroponik biasanya media tanam yang dapat menyerap air lebih lama serta tahan lama sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. 

Untuk mengetahui tentang berbgai media tanam hidroponik, simak penjelasan dibawah ini. 

Berbagai media tanam hidroponik 

1. Arang sekam 
Media tanam hidroponik yang pertama adalah arang sekam. Media tanam ini termasuk paling populer dikalangan petani hidroponik karena dianggap sebagai media tanam yang steril dan murah. Kelebihan mengguanakan media tanan arangsekam ini adalah karena arang sekam mempunyai komponen kimiawi seperti protein kasar, kadar air,abu, lemak, karbon, serat kasar, karbohidrat, hhidrogen, oksigen, dan siilika 

Dengan harga yang murah jua merupakan salah satu kelebihan arang sekam. Apalagi untuk daerah pedesaan, arangsekam dapat diperoleh secara cuma – Cuma tanpa membelinya. Terkstur hara arang sekam yang terkontrol membuat arang sekam mudah diaplikasikan diberbagai tanaman hidroponik. 

2. Spons 
Media tanamn hidroponik selanjutnya adalah spons. Seperti kita ketahui bahwa spons merupakan alat yang daya serap airnya tinggi. Serta mempunyai bobot yang ringanmembuat spons sebagai media tanam hidroponik yang mudah diaplikaisan dan mudah untuk ditempatkan dimana saja. Karena daya serap air yang tinggi membuat spons lebih mudha untuk membuat tanaman selalu tegak. Selain itu, spons juga sering dihindari oleh jamur yang mengganggu tanaman anda. 

3. Expanded clay 
Media tanam hidroponik selanjutnya adalaha expanded clay. Bagi anda yang belum tahu,expanded clay merupakan produk dari tanah liat yang termasuk kedalam berbagai media tanam hidroponik terbaik. Media tanam ini sangat populer digunakan olehpetani hidroponik di Jerman. 

Teksturnya yang padat serta mudah dibentuk apa saja membuat expanded clay mudah menyimpan kandungan air bersih. Sehingga tanaman hidroponik yang memakai media tanam ini dapat tumbuh dengan maksimal. 

4. Rockwool 
Satu lagi yang merupakan media tanam hidroponik yang populer dikalangan petani yakni Rockwool. Rockwool dipercaya mampu menyimpan komposiis air dan udara secara teratur. Selain itu, media tanam hidroponik ini juga ramah lingkungan yang terbuat dari kombinasi berbagai macam batu seperti batu basalt, batu bara, dan batu kapur yang dipanaskan kemudian dibentuk menjadi serat – serat. 

5. Serbuk sabut kelapa 
Media tanamhidroponik selanjutnya adalah serbuk sabut kelapa. Medi atanam hidroponik satu ini termausk kedalam jenis media tanam organik yang ramah lingkungan. Umumnya, serabut kelapa digunakan sebagai alat pembersih panci atau alat bantu mencuci piring. Namun, dalam hal bercocok tanam, serabut kelapa dipercaya mampu menyimpan air hingga 73 % lebih banyak dibanding volumenya. Sehingga anda akan lebih hemat air karena penyiraman yang jarang. 

6. Pasir 
Media tanam hidroponik selanjutnya adalah pasir. Pasir disini dipercaya dapat menghasilkan sirkulais udara yang baik untuk prtumbuhan tanaman. Bahkan beberapa menganggap bahwa pasir lebih memadai untuk tanaman hidroponik dalam proses penyemaian benih, pertumbuhan bibit, serta proses perakaran tumbuhan. 

7. Kerikil 
Media tanam hidroponik selanjutnya adalah kerikil. Pada dasarnya kerikil disini tidak jauh beda dengan media tanam pasir. Kedu akomponen ini memounyai sifat dan fungsi yang sama. Sehingga dianjurkan untuk anda para pemula yang bercocok tanam hidroponik untuk menggunakan kerikil sebgaai media tanam. 

Yup, begitulah berbagai media tanam hidroponik yang sering dipakai. Oleh banyak petani. Untuk mendapatkannya anda dapat membeli di toko pertanian terdekat atau mencari disekeliling rumah anda. pastikan sebelum memakai berbagai media tanam diatas and asudah bersihkan supaya streril untuk tanaman.