Jenis jenis tanaman hidroponik

Jenis jenis tanaman hidroponik-Hidroponik yang berkembang dimasyarakat memilki khas sendiri bagi penyuka tanaman. Bercocok tanam menggunakan metode hidroponik ini dapat menguntungkan banyak pihak karena perawatannya yang mudah serta aman bagi tubuh. Selain itu, harga jual tanaman hidroponik juga lebih tinggi dibanding tanaman koncvenional. 
Ada beberapa jenis jenis tanaman hidroponik yang dapat dikembangkan menggunakan metode hidroponik. diantaranya adalah: 

Jenis Jenis Tanaman Hidroponik 

1. Tanaman sayuran daun 
Jenis tanaman hidroponik sayur menjadi tanaman yang paling sering dibudidayakan banyak orang. apalagi untuk pemula, tanaman ini menjadi favorit. Hal ini disebabkan karena tanaman sayuran memiliki sistem perawatan yang mudah dilakukan. Sehingga lebih sering untuk media belajar bagi pemula yang ingin belajar berkebun. 

Jenis tanaman hidroponik sayuran daun ini juga memiliki panen yang banyak serta waktu yang dibutuhkan untuk panen relatif cepat. Bahkan ada beberapa sayuran daun yang tidak perlu menyemaikan benih sehingga proes penanaman lebih cepat. Anda cukup dengan mengkontrol jumlah air dan kandungan nutrisi yang anda berikan untuk tanaman. 

Sayuran yang biasanya dibudidayakan menggunakan cara hidropnik, diantaranya. Kangkung, selada, pakcoy atau sawi, seledr, bayam, brokoli dan kailan. 

2. Tanaman sayuran buah 
Jenis tanaman hidrponik yang kedua aadalah tanaman sayuran buah. Tanaman sayuran buah termasuk ke dalam jenis tanaman hidroponik yang agak rumit untuk menanamnya. Tanaman sayuran buah ini membutuhkan perhatian lebih karena proses perawatannya lebih panjang serta sedikit rumit. Tanman sayuran buah ini rentan sekali untuk stres. Maka tak heran jika perawatannya harus sabar dan hati – hati. 

Kerumitannya terletak pada cara mempertahankan tanaman untuk tetap tumbuh. Karena semakin panjang dan tumbuh tanaman maka semakin banyak pula masalah yang didapat tanaman itu. Jenis tanaman hidroponik ini memiliki kandungan yang berbeda dari tanaman sayuran daun. 

Apa saja jenis tanaman hidroponik sayuran buah ini diantaranya, cabai rawit, cabai besar, paprika, tomat, terong, gambas atau oyong, pare atau paria, dan amsih banyak lagi. 

3. Tanaman semusim 
Selanjutnya jenis tanaman hirdroponik adalah tanaman semusim. Yang dimaksud dari tanaman hidroponik ini adalah tanaman yang hanya tumbuh di musim tertentu. Proses penanaman tanaman semusim ini terbiang yang paling sulit diantra dua diatas tadi, karena usi yang dimiliki tanaman semusim cenderung lebih pendek dibanding tanaman sayuran daun dan buah. 

Perawatan tanaman semusim ini juga membutuhkan perhatian ekstra serta pengetahuan anda harus luas mengenai tanaman semusim. Selain itu, penyediaan lahan media tanaman dari jenis tanaman hidroponik ini dibutuhkan yang lebih luas. Hal ini disebaban karena menanam tanaman semusim, kita harus membuat musim buatan yang sesuai dengan tanaman semusim kita. 

Jenis tanaman hidroponik ini terkadang juga memebutuhkan bantuan penyerbukan agar bisa menghasilkan tumbuhan yang baik. Misalnya, jika kita menanam tumbuhan semang non biji, karen bunga semangka jantan non bii madul maka diperlukan bunga semangka jantan berbiji intuk penyerbukan. Penyerbukan ini dilakukan secara manual. 

Tanaman apa saja yang termansuk ke dalam jenis tanaman hidroponik semusim diantaranya, mentimun, semnagka, melon, strawberry, jagung dan lain sebagainya. 

Demikian itulah jenis jenis tanmana hidroponik yang berkembang dimasyarakat. Satu hal yang penting untk kita pelajari dalam bercocok tanman metode hidroponik ini adalah kita harus mempunyai pengetahuan tentang nutrisi tanaman yang sesuai. Seperti yang diketahui bahwa kebutuhan nutrisi setiap tumbuhan berbeda, maka sebaiknya kita memantau nutrisi serta perawatan lainnya dengan telisi dan sabar. Selamat bercocok tanam.