Ciri-Ciri Lengkap Tanaman Hidroponik

Ciri-Ciri Lengkap Tanaman Hidroponik-Mengkonsumsi sayuran dan buah memang penting. Terlebih jika sayuran dan buah merupakn sumber vitamin yang penting bagi tubuh. Ada banyak jenis sayuran dan buah yang tersedia di masyarakat. Ada yang merupakan jenis sayuran dan buah dari tanamn organik, atau dari tanaman konvesional, bahkan yang baru baru ini sedang marak adalah jenis sayuran dan buah hasil dari tanaman hidroponik. 

Hidroponik merupakan metode bercocok tanam yang menggunakan media tanam tanpa tanah melainkan menggunakan media tanam air. Ada berbagai macam sistem hidroponik yang berkembang dimasyarakat. Dan yang paling populer adalah sistem hideroponik NFT, sistem hidroponik WICK, dan sistem hidroponik aeroponik. 

Ketiga sistem hidroponik yang populer tersebut pastinya mempunyai keuntungan dan kelebihan sendiri bagi tanaman. Hal ini nantinya akan berhubungan dengan ciri-ciri lengkap tanaman hidroponik itu sendiri. Maka untuk lebih jelasnya, bagaimana mengetahui ciri – ciri lengkap tanaman hidroponik? simak penjelaannya dibawah ini. 

Ciri – Ciri Lengkap Tanaman Hidroponik 
Pada dasarnya, kita tidak bisa mengetahui ciri – ciri lengkap tanamn hidroponik yang akurat. Karena ada beberapa sebab yang membuat hasil tanaman hidroponik berbeda – beda. Namun, dari segi fungsi dan manfaatnya masih sama saja. Tanaman hidroponik paling sering diterapkan pada tumbuhan sayuran dan buah. 

Beberapa tumbuhan sayuran dan buah yang sering ditanam menggunakan metode hidroponik adalah sebagai berikut : Sawi hijau, sawi pakcoy, selada hijau, buncis, tomat, cabai, terong, timun, melon, strawberry, dan masih banyak lagi. Beberapa tumbuhan menyesuaikan dengan suhu dan intesitas nutrisi yang diberikan. 

Faktanya, setiap hasil tanaman hidroponik memiliki ciri – ciri yang berbeda – beda. Hal ini disebabkan karena lokasi lahan kebuh yang berbeda, tempat menanamnya, intensitas terkena sinar matahari, media tanamnya, suhu lingkungan, sumber bibit yang dipilih, air baku yang menjadi bahan utama, kadar ppm pada waktu semai benih remaj dan dewasa benih, dan perawatannya, serta Merk nutrisi AB mix yang diberikan. 

Dari berbgai komponen yang berbeda tersebut menjadikan tanaman hidroponik memiliki unsur yang berbeda – beda. Adapun lokasi yang ideal untuk penanaman hidroponik adalh berada di green house atau rumah kaca. Green house memiliki unsur hara yang optimal dima unsur ini sangat dibutuhkan tanaman terutama tanaman sayur untuk proses pematangan. 

Selain itu, perawatan yang berbeda juga menyebabkan ciri – ciri lengkap tanaman hidroponik tidak akurat. Secara biologis, tanaman hidroponik yang ditanam dengancara yang tepat akan menghasilkan daun pada tanaman tersebut lebih besar. Ciri ini biasanya terdapat pada tanaman sayur berdaun. Sedangkan untuk buah hasil tanaman hidroponik memiliki biji yang relatif lebih besar dibanding buah lainnya. 

Kita juga bisa membedakan ciri – ciri lengkap tanaman hidroponik dari bentuk akarnya. Jika jumlah nutrisi AB mix yang anda berikan secara tepat maka akar tanaman hidroponik anda akan berbentuk tidak terlalu lebat. Sedangkan jika tanaman hidroponik anda berikan nutrisi AB mix berlebihan maka akar tumbuhan hidroponik anda akan berbentuk serabut yang lebat dan susah dikeluarkan bahkan saling mengikat pada akar tanaman disebelahnya. 

Hal ini bisa terjadi jika anda memilki kebun hidroponik dengan sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) karena tanamn yang anda tanam mungkin terlalu dekat satu sama lain. Selain itu, tanaman hidroponik juga memiliki ciri – ciri pada warna yang ditimbulkan. Banyak yang menduga bahwa tanaman hidroponik cenderung memilki warna dasar yang lebih terang dibanding tanaman serupa lainnya. 

Dengan demikian itulah ciri – ciri lengkap tanamn hidroponik yang perlu diketahui untuk anda. Pada dasarnya, setiap hasil tanaman hidroponik memiliki ciri – ciri yang tidak pasti satu sama lain. Namun, pada akhirnya fungsi dan sifat tanaman sama saja.