Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik dan Analisanya

Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik dan Analisanya -Tanaman hidroponik mmang kian marak digemari masyarakat. Tananamn hidroponik merupakan tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Hidroponik ini salah satu metode bercocok tanam yang menfokuskan dalam pemberian nutrisi terhadap tumbuhan. Metode yang pertama kali dikembangkan pada awal tahun 90 an oleh Bob Sadino ini mulai berkembang pesatdalam berbagai sistem media hidroponik. 

Jika dibandingkan dengan tanaman konvensional, tanaman hidroponik lebih bergizi karena unsur hara dalam larutan nutrisi terserap secara maksimal oleh tumbuhan. Kualitsnya juga lebh bersih serta karena penggunaan pestisida yang tidak berlebihanmembuat sayuran dan buah hasil tanamn hidroponik lebih sehat. Anda juga tidak perlu memanfaatkan pupuk yang merepotkan serta pengendalian hama dan penyakit yang mudah ditanggulangi. 
Karena berkembangnya ini, munculah pengusaha – pengusaha yang memanfaatkan bercocok tanam menggunakan metode hidroponik. Sebagai pemula, pastinya anda ingin mengetahui peluang bisnis tanaman hidroponik dan analisanya. Sebaiknya, simak informasi berikut. 

Peluang Bisnis Tanaman Hidroponik dan Analisanya 

  • Peluang bisnis tanaman hidroponik terbilang cukup baik untuk dikembangkan. Usaha bercocok tanam menggunakan metode hidroponik menjadi salah satu terobosan dalam pemanfaatan lahan sempit dan berskala modern yang menjanjikan. Tak heran, jika bercocok tanam menggunakan metode hidroponik berkembang pesat dan semakin banyak orang yang menekuninya sebagai usaha. 
  • Prospek dari peluang bisnis tanaman hidroponik ini sangat menguntungkan dimana melalui bisnis ini bercocok tanam hidroponik dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Bisnis tanaman hidroponik ini juga mampu bertahan dalam waktu jangka panjang. Mungkin saja, anda memulainya hanya sekedar hobi biasa lalu berkembang menjadi bisnis besar. 
  • Dalam memulai bisnis tanaman hidroponik anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan seperti bahan baku, lahan yang digunakan, program kerja, serta harga jual dari hasil tanaman hidroponik anda. Pada umumnya, bisnis tanaman hidroponik dikelola oleh perseorangan yang menyukai tanaman. Selain itu, jika dikoreksi lebih dalam, konsumen bisnis tanaman hidroponik juga datang dari konsumen besar seperti restoran – restoran besar, pedagang pasar, supermarket. Yang semuanya memiliki daya jual yang tinggi. 
  • Bahan baku yang dibutuhkan dalam bisnis tanaman hidroponik yang sering digunakan adalah yang pasti benih tanaman beserta nutrisi yang dibutuhkab. Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian atau anda bekerja sama dengan toko pertanian tersebut untuk keperluan lebih lanjut. Peralatan yang dipakaipun juga meliputi pisau, kompos alami, selang, ppa dan lainnya. 
  • Strategi promosi yang dibutuhkan bisnis tanaman hidroponik ini sebaiknya anda lakukan pemasaran usaha lewat orang – orang terdekat anda seperti teangga, keluarga, teman, atau yang lainnya. Atau bisa anda kali dengan bekerja sama dengan restoran – restoran besar bahkan pabrik yang membutuhkan tanaman anda. 
  • Perlu diketahui keuntungan dan kelemahan dari bisnis tanamn hidroponik ini adalah bisa mengasah kreativitas anda dalam bercocok tanam serta bisnis ini merupakan bisnis pertanian modern yang digandrungi banya orang. yang mana jika anda jago dibidangnya maka akan menguntungkan anda. 
  • Sedangkan kelemahan yang dimiliki ialah bisnis tanaman hidroponik merupaan bisnis yang membutuhkan modal besar serta ketelitian anda dalam merawatnya juga diperhitungkan bagi proses pertumbuhan tanaman. 
  • Analisa usaha yang bisa anda terapkan bisa saja, jika anda ingin membuat bisnis tanaman hidroponik yang modern setidaknya anda membutuhkan modal sekitar 15 jutaan untuk meliputi biaya peralatan, biaya operasional perbulan untuk perawatan serta biaya variabel untuk pembelian bahan benih yang diperlukan. 
  • Kemudian, dari modal tersebut anda akan mendapat hasil penjualan sekitar 19 jutaan lalu akan dikurangi dengan biaya operasional yang menjadikan keuntungan anda per bulannya sebesar 3,5 jutaan. Dari keuntungan yang diperoleh tersebut jika anda ingin modal kembali, maka anda setidaknya memerlukan 4 bulan untuk kembali modal ke awal. 
Dengan demikian itulah peluang bisnis tanaman hidroponik dan analisanya. Perlu diperhatikan, sebaiknya sebelum anda memulai usaha ini, anda sudah mempunyai bekal ilmu tentang bercocok tanam menggunakan metode hidroponik yang luas, sehingga ketika ada asalh anda bisa melewatinya dengan mudah.