Cara Mengatasi Hama Tanaman Hidroponik

Cara Mengatasi Hama Pengganggu Tanaman Hidroponik -Salah satu metode menanam yang sedang marak dikalangan masyarakat ini bernama hidroponik. Caranya yang mudah serta hemat dalam segi finansial membuat hidroponik banyak disukai para petani sayur dan buah. Hal ini membuat tumbuhan rentan terkena hama. Hama ini yang natinya menghambat pertumbuhan tanaman. 

Selain itu, tanaman hidroponik akan memiliki kandungan yang lebih baik dibanding dengan tanaman yang berasal dari konvesional. Maka, jika diserang hama, tumbuhan akan rusah sehingga kandungan dalam tumbuhan hilang. Oleh sebab itu, dibawah ini merupakan cara mengatasi hama tanaman hidroponik. Berikut infromasinya. 

cara mengatasi hama tanaman hidroponik 

1. Tanaman Cacat 
Masalah pertama yang terjadi pada tanaman hidroponik adalah tanamannya cacat. Banyak dari petani mengaku bahwa tanaman cacat merupakan masalh yang sering terjadi ketika bercocok tanam. Maksud dari tanaman cacat disini adalah tanamn yang kerdil tidak bisa tumbuh, mempunyai batang yang lemah, serta daun menggulung dan kriting pada ujung-ujungnya. 

Cara mengatasi hama tanaman hidroponik ini adalah dengan membersihkan seluruh bagian tanaman yang terjangkit penyakit dengan memotongnya agar penyebaran infeksinya terhenti. Namun, jika bagian tanaman tidak terjangkit maka biarkan tumbuh dan mulai rawatlah dari awal. 

2. Daun Berlubang 
Hama tanaman hidroponik yang sering terjadi adalah daun berlubang. Masalah ini disebabkan oleh ulat ulat kecil yan memakan daun. Hal ini jika dibiarkan, daun pada tanaman akan kesulitan memproses fotoisintesis. 

Ada dua cara untuk mengatasi masalah ini. Pertama, periksa seluruh bagian tanaman secara manual. Pastikan tidak ada ulat yang berada di seluruh tanaman. Kedua, anda dapat menyemprotkan cairan kimia ke seluruh bagian tanaman yang tentunya tidak berlebihan agar ulat – ulat mati dengan cepat. 

3. Tangkai Membusuk 
Satu lagi, hama tanaman hidroponik yang sering dialami para petani yaitu tangkai tanaman yang membusuk. Hal ini disebabkan karena jamur liar disekitar tumbuhan. Anda dapat mengatasinya dengan memangkas bagian tanaman yang berjamur lalu memberikan air yang cukup pada tanaman hidroponik anda. 

4. Daun Menguning 
Keempat, daun menguning juga merupakan salah satu hama tanaman hidroponik yang sering dialami petani. Daun mnguning ini disebabkan oleh lalat putih yang menyerang tumbuhan. Tidak hanya menguning tap tanaman juga layu. 

Untuk mengatasinya, anda bisa menjauhkan lalat putih dan bersihkan tanaman secara menyeluruh. Bersihkan dengan air hangatdan sabun jika hama berlebihan. Atau anda bisa menyemprotkan malathion dan rotenone seminggu dua kali agar hama ebghilang dnegan maksimal. 

5. Tanaman layu 
Hama tanaman hidroponik selanjutnya adalah tanaman menjadi layu. Hama ini bernama tungau putih yang mengganggu tanaman. Akibatnya, tanagman hidroponik anda akan layu dan daun – daunnya rontok. Biasanya tungau putih berbentuk halus seperti tepung yang menempel pada bagian tumbuhan. 

Pada masalah ini anda bisa mengatasinya dengan mneyemprotkan cairan Malathion. Namun, pada beberapa kasus, tungau putih tidak terlihat karena sangat halus. Maka dari itu, anda butuh kaca pembesar atau loopuntuk menemukan tungau putih yang mengganggu tanaman hidroponik anda. 

6. Batang dan buah penuh lubang 
Hama tanaman hidroponik selanjutnya adalah batang dan buahnya dipenuhi dengan lubang. Masalah ini disebabkan olehjenis ulat bernama ulat penggerek. Cara mengatasi untuk masalah ini adalah dengan mengambilnya satu persatu ulat penggerek. Pastikan kamu membersihan pada malam hari agar ulat penggerek yang kena lebih banyak. Karena dimalam hari, pastikan kamu meneranginya menggunakan senter. 

7. Ujung Daun berlubang dan rusak 
Yang ketujuh, hama tanaman hidroponik yaang terakhir adalah ujung daun berlubang dan rusak. Masalah ini diakibatkan oleh kecoak atau serangga yang suka memakan daun. Untuk masalah ini, anda bisa mengatasinya dengan potong dan buah bagian daun yang berlubang setelah itu semprotkan Malathion agar hilang maksimal. 

Dengan demikian itulah cara mengatasi hama tanaman hidroponik yang bisa anda lakukan. Untuk mencegahnya, pastikan untuk merawat tanaman dengan baik. Pastikan untuk tidak memberi bahan kimia secara berlebihan. Selamat mencoba.