Cara menanam bayam hidroponik dirumah

Cara menanam bayam hidroponik dirumah-Amaranthus spp atau biasa disebut bayam merupakan salah satu sayur yang mempunyai banyak kandungan zat besi. Jaman sekarang, dengan adanya bercocok tanam menggunakan metode hidroponik, bayam menjadi mudah ditanam dirumah sendiri. Tak hanya bayam, ada banyak tanaman kebun yang dapat ditanam menggunakan metode hidroponik. 

Menanam bayam hidroponik dirumah ini sebenarnya mudah dilakukan. Menggunakan metode hidroponik pada penanaman bayam ini menghasilkan bayam tumbuh lebih besar. Sekaligus kandungan bayam menadi lebih bergizi. Untuk tau bagaimana cara menanam bayam hidroponik dirumah. Simak pembahasan dibawah ini. 

Cara Menanam Bayam Hidroponik dirumah 
Cara menanam bayam hidroponik ini ada beberapa teknik yang bisa diterapkan. Teknik tersebut adalah menanam hidroponik dengan menggunakan NFT ( nutrient film technique ).Teknik NFT ini dapat andakreasikan dnegan menggunakan paralon air bekas untuk media tanamnya. Yang kedua ada menanam hidroponik menggunakan sistem wick. Sedangkan untuk teknik ini, mengguanakan sistem sumbu yang berperan sebagai jalur nutrisi ke tumbuhan. Untuk lebih mudahnya kita akan menanam bayam hidroponik dirumah menggunakan sistem wick. 

Pertama, anda harus menyiapkan bahan dan alatnya. Pastikan anda sudah mempunyai media tanam yang terbuat dari botol air mineral bekas. Bersihkan sebelum dipakai. Botol ini nantinya akan dipotong menjadi dua bagian lalu pada bagian atas botol dibalik dan dimasukkan ke bagian botol yang bawah. 

Setelah itu, isi bagian botol yang bawah dengan air secukupnya. Jangan terlalu banyak karena nantinya akan ditambahi dengan air nutrisi. Pada menanam bayam hidroponik dirumah menggunakan teknik wick ini, anda tidak perlu memindah tanam. Setelah itu letakkan benih bayam yang berkualitas. isi setiap media tanam kurang lebih 3 – 4 biji agar bayam tumbuh lebih lebat. 

Menanam bayam hidroponik dirumah dengan menggunakan teknik wick ini anda harus memperhatikan posisi sumbu kompor karena sebagai jalur larutan nutrisi. Sumbu kompor inilah nantinya akan menjadi bahan pokok dalam hidroponik wick. Setelah memasukkan benih bayam, anda dapat menempatkan tanaman di area teduh agar proses percambahan lebih cepat. Biasanya, akan tumbuh 3 hari setelah penyemaian. 

Selanjutnya, setelah tumbuh percambahan lalu tumbuhan adna akan tumbuh daun. Nah,pada fase pertumbuhan daun ini anda bisa memindah letak tanaman ke tempat yang lebih bercahaya. Usahakan untuk menempatkan pada area yang tak terlalu terkena matahari langung. Karena dapat membakar bayam. 

Pada tahap selanjutnya, anda dapat memeriksa kelembapan air yang terdapat pada tanaman. Jangan sampai tanaman bayam kekeringan karena pemberian air yang kurang. Menanam bayam hidroponik dirumah menggunakan teknik wick ini sesekali harus anda kenalkan dengan sinar matahari dan gunakan sistem sumbu kompor dan air yang tergenang dengan menggunakan bak penampung yang terbuat dari kayu agar menampung air lebih banyak. 

Anda juga dapat menggunakan net pot dari gelas berukuran sedang dan beri lubang pada botol tersebut. Setelah itu, gunakan styrofoam untuk dudukan pot. Sumbu yang digunaan juga dapat jika anda kesusahan mencari sumbu kompor, anda bisa menggantnya dnegan kain flanel. Hal ini digunakan karena tekstur sumbu kompor dan kain flanel lebih tebal dan menyalurkan banyak air nutrisi ke bayam. 

Dengan demikian itulah cara menanam bayam hidroponik dirumah. Selain metode WICK, bercocok tanam hidroponik juga dapat dilakukan menggunakan metode NFT ( Nutrient Film Technique ). Menanam bayam hidroponik ini dapat membantu anda lebih hemat serta efektif meanfaatkan lahan kosong disekitar rumah yang bisa digunakan untuk dekorasi rumah. Selamat bercocok tanam.