Tips Mudah Menanam Hidroponik Di Rumah

Tips Mudah dan Praktis Menanam Hidroponik Di rumah -Setiap petani maupun penyuka tanaman pasti tidak asing lagi dengan istilah tanamn hidroponik. Metode bercocok tanam yang mulai dikembangkan pada awal tahun 90 an ini memiliki prospek bisnis yang bagus. Hasil panen yang datang lebih cepat serta harga produk yang tinggi juga menjadi alasan mengapa teknik hidroponik digemari banyak orang. 

Metode hidroponik sendiri merupakan metode bercocok tanam yang memanfaatkan media tanam tanpa tanah melainkan menggunakan air. Bahkan ada beberapa sistem hidroponik yang memakai kombinasi media tanam air dan udara, yang disebut sistem hidroponik aeroponik. 
Tak heran banyak yang menyukai metode bercock tanam ini. Untuk para pemula, pastinya ingin usahanya berhasil. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas tentang tips menanam hidroponik dirumah. Simak penjelasan dibawah ini. 

Tips Menanam Hidroponik dirumah 

  • Poin penting yang menjadi tips menanam hidroponik dirumah adalah anda harus menyediakan kebun hidroponik yang sesuai dengan lahan rumah yang anda miliki Hal ini nantinya akan mempengarungi modal yang harus anda keluarkan. Sebenarnya, anda dapat mengaplikasikan bercocok tanam menggunakan metode hidroponik ini pada semua tipe lahan yang anda miliki. Namun, sebaiknya anda menyediakan lahan yang tidak terlalu kering tapi juga tidak lembab serta dapat dijangkau sinar matahari. 
  • Kemudian, tips menanam hidroponik dirumah untuk pemula. Anda harus mampu membuat media tanam yang tepat serta tidak mengganggu kondisi tanaman. Sebagai saran, anda dianjurkan memulai bercocok tanam menggunakan metode hidroponik dengan sistem NFT atau WICK. 
  • Sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Techniquq) merupakan teknik hideroponik yang mengandalkan larutan nutrisi pada bak penampung yang terbuat dari paralon bekas. Sedangkan sistem hidroponik WICK merupakan teknik hidroponik yang menggunakan bak penampung dari botol bekas serta memiliki saluran nutrisi yang disalurkan dari sumbu. 
  • Selain itu, sebelum anda memulai usaha bercocok tanam menggunakan metode hidroponik. Pastikan anda sudah memiliki ilmu yang matang atau setidaknya belajar tentang pengetahuan bercocok tanam mengguanakan metode hidroponik. Hal ini dapat membantu, jika anda mempunyai masalah dalam hal bercocok tanam maka anda bisa mengambil solusi yang cepat dan tepat. 
  • Tak hanya itu, tips menanam hidrponik dirumah yang tak kalah penting adalah anda harus mampu memberi nutrisi tumbuhan secara teratur. Pada umumnya, jumlah nutrisi yang diberikan pada tumbuhan akan bertambah setiap bulannya. Ibaratnya, semakin besar bentuk tanaman maka semakin besar pula jumlah nutrisi yang diberikan. Hal ini disebabkan karena tanaman hidroponik memiliki sumber energi hanya dari larutan nutrisi. Jadi jika pemberian nutrisi tidak teratur maka tumbuhan anda akan gagal tumbuh. 
  • Tips menanam hidroponik dirumah selanjutnya adalah dengan memisahkan tanaman yang sehat dengan tanaman yang sakit. Jika hal ini terjadi, langkah yang harus anda lakukan adalah dengan membuang tanaman yang sakit lalu bersihkan tempat bekas tanaman sakit tersebut agar virus tidak menyebar ke tanaman lainnya. 
  • Selain itu, tips menanam hidroponik dirumah yang perlu dilakukan oleh para pemula adalah pemilihan bibit benih tanaman yang unggul. Lalu, jangan lupa juga memilih media tanam pembantu yang steril. Media tanam pembantu yang dimaksud adalah rockwool, sekam arang, pasir, serabut kelapa atau kokopit, dan lain sebagainya. 
Begitulah, tips menanam hidroponik dirumah yang wajib diketahui para pemula. Berdasarkan informasi diatas, dapat disimpulkan bahwa hal yang paling penting dalam menanam hidroponik dirumah adalah proses perawatannya. Dan juga yang tak kalah penting adalah kebersihan kebun hidroponik. Pastikan kebun hidroponik anda tetap bersih agar perawatannya membuat anda nyaman. Semoga bermanfaat.