Cara Menanam Hidroponik yang Simpel dan Murah

Cara Menanam Hidroponik yang Simpel dan Murah -Di daerah pedesaan mungkin akan sangat mudah untuk menanam berbagai jenis tanaman seperti padi, sayur - sayuran maupun buah - buahan karena ketersediaan lahan. Namun berbeda dengan masyarakat perkotaan yang bahkan tidak mempunyai cukup lahan untuk bercocok tanam. Salah satu solusinya adalah menanam hidroponik di rumah. 

Meskipun cukup populer, namun ternyata menanam hidroponik masih tergolong sulit bagi orang awam. Nah, lantas bagaimana cara menanam hidroponik yang simpel dan murah? Yuk simak ulasan berikut. 

Cara Menanam Hidroponik yang Simpel dan Murah 

1.Pertama, siapkan media semai yang berupa rocwool, benih tanaman seperti sawi, kangkung ataupun sayuran hijau lainnya, botol bekas air mineral, dan juga pupuk sebagai nutrisi hidroponik. 

2.Kemudian lakukan penyemaian dengan cara membasahi rocwool dengan air yang selanjutnya diberi benih sayuran hijau tadi. Simpan di tempat teduh dan gelap hingga berkecambah selama 2-3 hari. Lalu pindahkan ke dalam media tanam yang berada pada botol bekas air mineral. 

3.Masukkan pupuk sebagai nutrisi hidroponik pada botol bekas bagian bawah yang tadi sudah terpotong menjadi dua. Kemudian tutup botol bagian bawah dengan botol bagian atas dengan posisi terbalik. Setelah ditutup, tambahkan media tanam berupa rockwool, cocopeat dan juga sekam bakar sebagai tempat perambatan akar tanaman. 

4.Untuk perawatan tanaman hidroponik ini sendiri sebenarnya tidak terlalu rumit, namun pastikan untuk memberikan nutrisi yang tepat agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Sebaiknya gunakan pula tanaman yang memiliki tingkat daya tumbuh yang tinggi, seperti tomat, cabai, sawi, kangkung, selada, bayam, dan juga berbagai sayuran hijau lainnya. 

5.Selain itu, perhatikan pula intensitas cahaya matahari dan jumlah asupan air untuk tanaman hidroponik. Karena jika tanaman hidroponik ditempatkan pada tempat yang terlalu panas akan menyebabkan penguapan dan membuatnya cepat layu. Dengan menanam tanaman hidroponik, tentunya akan menguntungkan secara finansial dan juga sangat efisien. 

Demikian informasi mengenai bagaimana Cara Menanam Hidroponik yang Simpel dan Murah. Cukup mudah dilakukan bukan? Semoga bermanfaat.