Tips Mudah Menanam Cabe di Polybag

Tips Mudah Menanam Cabe di Polybag
Tips Mudah Cara Menanam Cabe di Polybag -Cabe merupakan salah satu tanaman atau komoditas pertanian yang mempunyai harga tidak menentu dan sering berfluktuasi. Harga cabe bisa melonjak tajam saat menjelang hari - hari besar seperti lebaran. Maka dari itu kini banyak orang mulai menyiasatinya dengan menanam cabe, mengingat cara menanam dan perawatannya yang sangat mudah. 

Beberapa orang menanam cabe tidak untuk diperjualbelikan ataupun ditanam di lahan yang besar, melainkan ditanam di polybag yang ada pada halaman rumah untuk persediaan sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa proses menanam tersebut akan mengalami kendala, nah untuk itu yuk simak tips mudah menanam cabe di polybag berikut. 

Tips Mudah Menanam Cabe di Polybag 
Tips Mudah Menanam Cabe di Polybag yang pertama adalah pemilihan jenis cabe. Kamu bisa memilih untuk menggunakan cabe keriting, mengingat jenis cabe tersebut relatif lebih tahan banting di iklim tropis, serta rasanya yang pedas cukup digemari di pasaran. 

Setelah itu barulah dilakukan penyemaian, usahakan untuk menyeleksinya mencari mana benih yang terbaik. Cara menanamnya sendiri cukup mudah, yaitu gunakan media tanam dari campuran tanah, pupuk kompos, pupuk kandang, sekam padi, dan lain sebagainya. 

Jika benih yang disemai sudah siap, maka pindahkan bibit tersebut ke dalam polybag. Usahakan untuk melakukannya pada saat pagi ataupun sore hari untuk menghindari tanaman mengalami stres. 

Untuk perawatannya sendiri, yaitu bisa dilakukan pemupukan saat tanaman akan berbuah. Kemudian lakukan penyiraman setidaknya 3 hari sekali, pengajiran setelah tanaman tumbuh setinggi 20 cm untuk menopang agar berdiri tegak, dan juga perompesan untuk menghilangkan tunas - tunas muda yang ada di ketiak daun untuk mencegahnya tumbuh kesamping. 

Terakhir, masa panen terbaik adalah pada saat buah masih berwarna merah kehijauan dan lakukan setidaknya pada pagi hari. Sebaiknya hindari memanennya pada malam atau siang hari untuk hasil terbaik. 

Itulah informasi mengenai tips mudah menanam cabe di polybag. Cukup mudah bukan? Kamu bisa pula untuk memanfaatkannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan loh! Selamat mencoba!