Inilah Jenis Tanah yang Baik untuk tanaman, Kamu harus tahu!


Inilah Jenis Tanah yang Baik untuk tanaman, Kamu harus tahu!-Kegiatan bercocok tanam pastinya tidak akan jauh dari yang namanya tanah. Tanah merupakan elemen yang penting bagi tanaman, karena mengandung unsur hara yang baik bagi kelangsungan hidup tanaman. Meskipun tanah sangat baik untuk tanaman, ternyata tidak semua jenis tanah bisa digunakan loh! Inilah jenis tanah yang baik untuk tanah, kamu harus tahu!

Jenis tanah yang baik untuk tanaman

Beberapa jenis tanah yang baik untuk tanaman adalah sebagai berikut, antara lain :
1. Tanah Regosol
Salah satu jenis tanah yang baik untuk tanaman adalah tanah regosol. Tanah merupakan hasil dari pelapukan material yang dikeluarkan oleh aktivitas gunung merapi seperti debu dan lahar. Tanah regosol sangat cocok untuk tanaman yang tidak memerlukan banyak seperti palawija. Hal ini karena tanah jenis ini memiliki sifat yang sulit untuk menampung banyak air.

2. Tanah Orgonosol
Tanah orgonosol merupakan jenis tanah yang baik untuk tanaman, karena terbentuk dari pelapukan bahan - bahan organik. Secara fisik, jenis tanah ini akan mudah ditemukan di daerah rawa - rawa dan terkesan lebih lembek daripada jenis tanah lainnya.
Tanah orgonosol memiliki dua jenis tanah yang dikenal cukup subur sebagai media tanam, yaitu tanah humus dan tanah gambut. Dalam dunia pertanian, jenis tanah tersebut banyak digunakan untuk menanam padi.

3. Tanah Latosol
Tanah Latosol berasal dari pelapukan batu sedimen atau metamorf yang mengandung banyak unsur hara. Salah satu kelebihannya adalah bisa menahan erosi karena sifatnya yang bisa menyerap air dengan sangat menakjubkan. Beberapa tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan tanah latosol adalah padi, berbagai jenis sayuran dan juga buah - buahan.

4. Tanah Laterit
Jenis tanah yang banyak ditemukan di Kalimantan dan Sulawesi ini mengandung unsur hara yang sangat sedikit. Namun meskipun begitu, tanah laterit cukup subur untuk ditanami berbagai tanaman seperti kelapa dan juga jambu mete.

Demikian pembahasan mengenai jenis tanah yang baik untuk tanaman. Untuk itu, penting bagi kita dalam menjaga kelestarian tanah dan juga tumbuhan yang nantinya akan bermanfaat bagi kehidupan manusia.