Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Monyet (Anacardium occidentale L.)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Monyet (Anacardium occidentale L.)-halo spbat budidaya-petani.com.pada kali ini admin akan berbagi artikel pertanian tentang Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Jambu Mete atau lebih di kenal Jambu Monyet.Jambu Mete atau Jambu Monyet Memiliki Nama Latin atau Nama Ilmiah Anacardium occidentale L.Tanaman Jambu Mete atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Jambu Monyet memiliki nama latin Anacardium occidentale L. Tanaman jambu mete cukup unik karena biji dari jambu ini berada diluar daging buah. Biji inilah yang nantinya akan diolah lebih lanjut menjadi kacang mete yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Biasanya kacang mete digunakan oleh pabrik coklat sebagi bahan tambahan untuk produk coklat.

Klasifikasi Tanaman Jambu Mete

Kingdom : Plantae 
Divisi : Magnoliophyta 
Kelas : Magnoliopsida 
Ordo : Sapindale
Famili : Anacardiaceae
Genus : Anacardium
Spesies : Anacardium occidentale L


Morfologi Tanaman Jambu Mete
Jambu Mete atau Anacardium occidentale ini berbentuk pohon yang memiliki batang berkayu (lignosus), berbentuk silindris, berpermukaan agak kasar, memiliki percabangan monopodial. Arah pertumbuhan batang tanaman tegak dan juga lurus, arah tumbuh dari cabang ada yang agak condong ke atas dan ada pula yang cenderung mendatar.

Daun tanaman ini merupakan daun tunggal yang hanya bertumbuh di bagian ujung-ujung ranting. Daun pada tanaman Anacardium occidentale L. merupakan daun yang terkategorikan tidak lengkap karena hanya mempunyai tangkai daun (petiolus) dan juga helaian daun (lamina). Lazimnya, daun tanaman ini disebut daun bertangkai. Daun dari tanaman ini terkategorikan sebagai daun yang bertangkai pendek (1,5-3 cm), daun ini sendiri berbentuk bulat telur sungsang dan mempunyai guratan rangka daun yang terlihat jelas bulat telur dan terbalik.

Kebanyakan dengan pangkal runcing serta ujung membulat. Helaian daun bersifat tunggal, warna hijau kekuningan hingga hijau tua kecoklatan, panjangnya sekitar 4 cm hingga 22 cm, lebar daun 2 cm sampai 15 cm, ujung daun agak membulat (rotundatus) tidak terbentuk sudut daun sama sekali, pangkal daun dari tanaman ini berbentuk runcing (acutus) yakni jika kedua bagian tepi daun di kanan dan kiri ibu tulang sedikit demi sedikit menuju ke arah atas dan pertemuanya pada puncak daun membentuk sebuah sudut lancip (yang kurang dari 90º).

Tepi daun tanaman ini cenderung rata (integer), tulang daun agak menyirip (penninervis) memiliki satu ibu tulang yang berjalan dari pangkal ke arah ujung dan merupakan terusan dari bagian tangkai daun, permukaan atas dan juga bawah daun terasa sedikit licin (laevis) terlihat agak mengkilat (nitidus), dan juga daging daun nya tergolong coriaceus. Tangkai daun tanaman ini berbentuk silindris dan cenderung tidak menebal pada bagian pangkalnya.

sekian mengenai Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Mete Anacardium occidentale L