Pengertian Klasifikasi Dan Morfologi

Apa Pengertian Definisi Klasifikasi Dan Morfologi itu?-Pengertian klasifikasi morfologi akan kita simak pada ulsan dibawah.Dalam ilmu biologi, yang dimaksud dengan ‘Klasifikasi Morfologi’ adalah pengelompokan makhluk hidup dengan mencari persamaan pada struktur dan bentuk eksternal tubuh. Dengan kata lain, morfologi berkaitan dengan ciri-ciri luar makhluk hidup.Adapun pengelompokan makhluk hidup berdasarkan pada persamaan struktur tubuh bagian dalam disebut dengan ANATOMI.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata MORFOLOGI diartikan sebagai ilmu pengetahuan mengenai bentuk luar serta susunan dari makhluk hidup.Definisi dari KBBI ini sejalan dengan apa yang dimaksudkan oleh Ilmu Biologi. 

Klasifikasi adalah penggolongan atau pengelompokkan suatu benda yang memiliki ciri yang sama dan memisahkan suatu benda yang tidak sama.
Banyak seklali pengertian dari klasifikasi ini adalah beberapa contoh tentang pengertian klasifikasi dari berbagai sumber.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : klasifikasi adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.
Harrolds Librarians Glossary mengatakan klasifikasi adalah pengelompokkan benda secara logis menurut ciri-ciri kesamaannya.
Menurut Sulistyo Basuki, Klasifikasi adalah proses pengelompokkan atau pengumpulan benda atau entitas yang sama, serta memisahkan benda atas entitas yang tidak sama.
Dalam dunia perpustakaan klasifikasi diartikan sebagai kegiatan pengelompokkan bahan pustaka yang berdasarkan memiliki ciri-ciri yang sama, misalnya pengarang, fisik, jenis, isi dsb.
Dalam pengertian secara umum bahwa klasifikasi adalah suatu kegiatan yang dimana mengelompokkan benda yang memmemiliki beberapa ciri yang sama dan memisahkan benda yang tidak sama.

Pada dasarnya dikenal ada 2 jenis kegiatan klasifikasi.
1.Fundamental Classification atau Klasifikasi Fundamental yaitu klasifikasi bahan pustaka berdasarkan subjek/isi buku, sebab pada dasarnya pemakai perpustakaan lebih banyak mencari informasi tentang subjek tertentu.
2.Artificial Classification atau Klasifikasi Artifisial yaitu klasifikasi bahan pustaka berdasarkan ciri-ciri yang ada pada bahan pustaka. Misalnya klasifikasi berdasarkan warna, ukuran dsb.

Pengertian Morfologi yaitu cabang ilmu biologi yang membahas dan mempelajari tentang tata bentuk luar atau suatu sruktur dari satu organisme. Sebagai contoh morfologi ikan, artinya ilmu yang mempelajari mengenai struktur dan bentuk dari suatu ikan.
Suatu organisme perlu di identifikasi melalui bentuk serta strukturnya agar mudah untuk di kenali. Selain itu morfologi juga di pelajari untuk menentukan fungsi dari bagian suatu organisme.
Mempeajari pengertian dari morfologi tentunya tidak akan terlepas dari dasar klasifikasi makhluk hidup. Makhluk hidup diklasifikasikan berdasarkan persamaan ciri yang ada pada masing – masing individunya atau jenisnya.
Oleh karena itu sangat diperlukan pelajaran tentang ilmu yang mempelajari sebuah struktur dari bagian suatu organisme, agar dapat mengklasifikasikan bagian tersebut dan mengidentifikasi organisme lain yang mempunyai ciri serupa.

Demikian ulsan dari Pengertian Klasifikasi Dan Morfologi  semoga bermanfaat..