Daftar berbagai macam sistem hidroponik

Daftar berbagai macam sistem hidroponik-Metode hidroponik saat ini sedang marak dikalangan masyarakat khususnya paraetani sayur dan buah. Hidroponik dipecaya lebih efektif dalam berkebun. Meskipun membutuhkan modal yan tidak sedikit, hasil panen dari kebun hidroponik seimbang dengan modal yang besar. Karena buah dan sayur hasil tanaman hidroponik memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibanding dengan hasil panen berkebun konvelsional. 
Sebagai informasi, hidroponik mulai dikembangkan sejak awal 90 an oleh tokoh masyarakat bernama Bob Sadino. Lalu seiring berkembangnya waktu, hidroponik berkembang pesat dan muncul dalam berbagai macam sistem hidroponik. para petani pun tampaknya juga semakin berinovasi menciptakan sistem hidroponik baru. 

Baru – baru ini terdapat berbagai macam sistem hidroponik. untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan dibawah ini tentang daftar berbagai macam sistem hidroponik. 

Daftar Berbagai macam sistem Hidroponik 

1. Sistem hidroponik Aerponik 
Sistem hidroponik aeroponik yakni adalah sistem hidroponi yang menggunakan metode bantuan teknologi. Karena sistem penanamannnya yang menggunakan udara dan ekosistem air. Hal ini membuat sistem hidroponik Aeroponik sebgai sistem hidroponik terbaik diantara yang lainnya. Selain higienis, sistem hidroponik aeroponik ini akan menghasilkan buah dan sayur yang lebih renyah. 

Sistem hidroonik ini mulai dikembangkan oleh perusahaan – perusahaan besar dibidang tanaman yang menuntut panen buah dan sayur dengan cepat. Prinsisp kerja aeroponik ini adalah dengan memanfaatkan air dan nutrisi yang diberikan untuk tanaman dalam bentuk kabut. Prses pengabutan itu sendiri berasal dari pompa air yang diletakkan di bak penampngan kemudian disemprotkan dengan menggunakan nozzle. 

2. Sistem hidroponik NFT 
Sistem hidroponik NFT ( nutrient Film Technique ) adalah sistem hidroponik yang paling populer dikalangan masyarakat. Tenik ini sangat cocok untuk penanaman pada lahan yang tidak subur dan efektif bisa diterapkan didataran tinggi maupun rendah. Selain itu, teniknya yang mudah membuat para petani lebih nyaman memakai sistem hidroponik ini. 

Dengan menggunakan sistem hidroponik ini membuat tanaman bisa panen lebih cepat serta volume sayuran dan buah akan lebih besar. Hidroponik NFT ini umumnya akan berhasil jika anda teliti memberi nutrisi dengan teratur. 

3. Sistem hidroponik WICK 
Satu lagi sistem hidroponik yang termasuk populer dikalangan asyarakat yakni sistem hidroponik WICK. Sistem hidroponik WICK ini juga bisa disebut sebagai sistem hidroponik sumbu. Karena teknik tanamnnya memanfaatkan sumbu yang dihubungkan dengan larutan nutrisi di bak penampung lalu menyalur ke akar tanaman. 

Media tanam yang digunakan biasanya berupa botol bekas, kaleng cat bekas, dan wadah sejenisnya. Sistem hidroponik WICK ini sangat ideal bagi para pateani yang ingin memanfaatkan pekarangan rumah. Dalam pengaplikasiannya wick sistem dibantu leh media tanam lain seperti Rockwool, kerikil, pasir, dan lain sebagainya. 

4. Sistem hidroponik Drip 
Sistem hidrponik Drip atau sistem tetes merupakan sistem hidroponik yang banyak diterapkan pada perkebunan hidroponik milik rumah – rumah. Sistem ini tergolong sangat sederhana karena tidak membutuhkan banyak perlengkapan serta multi fungsi. 

Sesuai degan namanya, sistem hidroponik Drip ini menerapkan teknik tetesan larutan nutrisi ke akar –akar tumbuhan dengan tujuan agar tumbuhan tetap lembab dan tidak kekeringan. Teknik ini dapat dirancang sesuai kebutuhan agar lebih efektif penempatan disekitar rumah. Anda juga bisa membuatsistem hidropnik drip sebagai dekorasi rumah. 

5. Sistem hidroponik Fertigasi 
Sistem hidroponik fertigasi merupkan sistem hidroponik yang paling sering diterapkan di Dunia. Karena sistem ini mneggunakan metode drip irrigation dimana tumbuhan akan disiram dengan cara meneteteskan air dan nutrisi. 

Sistem hidroponik fertigasi ini mampu membuat hasil tanam menjadi lebih berkualitas, karena kita dapat mengatur kedewasaan nutrisi terhadap tumbuhan. Maka pertumbuhan tanaman menggunakan sistem hidroponik fertigasi mempunyai harga jual yang tinggi. 

Demikian itulah, daftar berbagai macam sistem hidroponik yang populer di masyarakat. Apapun sistemnya, usahakan untuk tetap merawat tumbuhan dengan tepat agar hasil panen anda datang lebih cepat.