Perbedaan tanaman hidroponik dan organik

Perbedaan tanaman hidroponik dan organik -Mengkonsumsi sayuran sangatlah bermanfaat bagi tubuh manusia, apalagi untuk hal kesehatan. Belakangan ini banyak sekali metode-metode yang ditemukan dalam bercocok tanam sayuran dan buah. 
Sekilas mungkin terlihat biasa sama saja antara tanaman hidroponik dan organik. Banyak pasar yang menjual sayuran – sayuran dan buahbauah nyang terlihat mirip. Berbeda dengan supermarket yang lebih rapi dalam penggolongan sayuran. 

Apakan anda yakin dengan sayuran dan buah yang anda konsusmsi benar – benar sehat? Untuk itu, bagaimana cara menemukan tanaman hidroponik dan organik? Simak pembahasannya dibawah ini. 

Perbedaan tanaman hidroponik dan organik 

1. Sayuran Hidroponik 
Cara menemukan perbedaan tanaman hidroponik dan organik yang pertama adalah dengan mengetahui apa itu tanaman hidroponik. tanaman hidroponik merupakan sayuran yang dibantu cairan mineral sayuran dan buah untuk dapat tumbuh dengan baik. Tanaman hidroponik ini merupakan bukan seperti tanaman lainnya yang membutuhkan media tanam tanah untuk tumbuh berkembang. 
Selain itu, tidak hanya mineral dan air. Tanaman hidroponik juga membutuhkan lampu, dan sistem filtrasi udara dan air yang diperlukan untuk petumbuhan tumbuhan. Hal ini membuat tanaman hidroponik lebih sehat. 
Tanaman hidroponik biasanya ditanam di media bukan tanah atau jika versi kerennya, ditanam didalam rumah kaca. Karena itulah harga dan kualitasnya lebih terjamin dibanding tanaman sayur dan buah biasa. 

Perbedaan tanaman hidroponik dan organik terletak pada keunggulannya. Karen atanaman hidroponik tidak menggunakan media tanam tanah jadi, tanaman hidroponik tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia untuk menyuburkan dan menghilangkan hama. Selain itu, tanaman hidropik akan tumbuh berkembang lebih cepat sehingga hasil panen datang lebih cepat. 

Keuntungan tanaman hidroponik ini juga berlaku dalam harga jual tanaman hidroponik yang lebih mahal, karena kandungan dalam tanaman hidroponik lenih bergizi. Kondisi tanaman hidroponik yang ditanam dalam rumah kaca akan mengandung unsur hara yang lebih teratur. Unsur ini akan mempertahankan nutrisidalamsayran atau buah lebih terjaga. Meskipun begitu tanaman organik juga mempunyai kelemahan, diantaranya adalah perlu kertelitian dalam merawat tanamn organik agar tetap hidup. 

2. Sayuran Organik 
Untuk mengetahui perbedaan tanaman hidrponik dan organik adalah dengan mengetahui pengertian tanaman organik. Tanaman organik adalah sayuran yang ditanam tanpa menggunakan bahan pupuk kimia sintetis, serta pembasmi hama, pembasmi gulma atau yang disebut herbisida. Selain itu, tanaman organik juga tidak membutuhkan bibit tanaman rekayasa, serta erawatan radiasi tertentu untuk membasmi hama 
Buah dan sayuran hasil tanaman organik menggunakan pupuk alai yang beraal dari kompos organik atau kotoran hewan dan untuk membasmi hama dapat dihilangkan dnegan bakteri pemakan jamur secara alami atau minyak sayuran. Hal ini membuat tanaman organik lebih terjaga kulitas vitaminnya dalam tumbuhan karena tanpa campuran kimia. 
Perbedaan tanaman hidroponik dna organik selanjutnya adalah keuntungan dan kelemahan. Untuk keuntungan tanaman hidroponik adalah terletak karena konsepnya yang alami, maka teknik tanaman organik lebih ramah lingkungan . Selain itu tanaman organik menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang, kompos, dan lain lain yang cenderng memiliki harga lebih murah. 
Selain itu, kelemahan yang yang dimiliki tanaman organik adalah sampai sekarang, belum ada hasil yang besar karena unsur hara yang dibutuhan terbatas. Ini disebakan karena pupuk organik memilki unsur hara yang kecil. Tanaman organik juga rentan terkena hama karena pestisida organik yang dipakai kurang efektif melawan hama. 
Yup, itulah perbedaan tanaman hidroponik dan organik. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa tanaman hidroponik dan organik pada dasarnya sama saja. masing – masing memiliki keuntungan dan kelemahan sendiri. Poin yang sama dari kedu ajenis tanaman tersebut berada pada kandungan tanaman yang bermanfaat.