Cara Merawat Tanaman Hidroponik yang baik dan Benar

Cara Merawat Tanaman Hidroponik -Pada prinsipnya, merawat tanaman versi konvensional dan hidropnik relatif sama. Letak kesamaannya berada pada perawatannya, jika bercocok tanam konvensional memerlukan pupuk maka bercocok tanam memrlukan nutrisi. 
Meskipun begitu, dari segi tenik dan prinsipnya keduanya berbeda. Yang pasti lebih sulit teknik untuk bercocok tanam konvensional. Bercocok tanam hidroponik merupakan solusi terbaik untuk merawat tanaman lebih efisien. Ini membuktikan adanya perkembangan teknologi yang membuat manusia menciptakan sesuatu yang membuat pekerjaan lebih ringan. 
Berbicara tentang tanaman hidroponik mungkin ada banyak diantara anda yang ingn memulai bercocok tanam hidroponik. Untuk memulainya sih mudah, namun bagaimana dengan cara merawat tanaman hidroponik? beberapa informasi tentang cara merawat tanaman hidroponik ada dibawah ini. 

Cara merawat tanaman hidroponik 

1. Cek kondisi air dan bak penampungan 
Untuk merawat tanaman hidroponik yang pertama adalah cek kondisi air dan bak penampungan. Pastikan air dalam wadah media tanam anda selalu dalam keadaan bersih. Selain itu, pilihlah media tanam dengan wadah transparan atau bening aar lebih mudah untuk mengontrolnya. Dalam bercocok tanam menggunakan metode hidroponik, tanaman tidak dapat menghasilkan airsendiri maka anda harus gemar mengganti air. 

Jangan sekali kali membiarkan air dalam kondisi berhari – hari minimal anda harus mengganti 4 hari sekali. Jumlah air yang diberikan pun juga diperhatikan, jangan sampai air nutrisi tersebut terbuang sia – sia karena terlalu penuh. 

2. Pantau selalau kondisi nutrisi 
Selanjutnya, merawat tanaman hidroponik yang kedua adalah selalu memantau kondisi nutrisi. Poin penting dalan merawat tanaman hidroponik terletak pada nutrisi nya. Anda harus mampu memantau ketersediaan larutan nutrisi setiap harinya. Lalu setiap tiga hari sekali ganti nutrisinya dengan nutrisi yang baru. Periksa semua kondisi saluran larutan nutrisi agar tidak macet atau tersumbat. Jangan lupa untuk memperhatikan dosis bertahap setiap bulannya pada pemberian nutrisi. Serta perhatikan kebersihan campuran air pada nutrisi. 

3. Menjaga kebersihan 
Hal ini juga penting dalam hal merawat tanaman hidroponik. segala perkerjaan memang perlu memperhatikan kebersihan. Pada tanaman hidroponik, anda harus menjaga kebersihan wadah, media tanam serta lingkungan sekitar. Pertama – tama keluarkan kotoran dalan wadah lalu bersihkan bagian yang berlumut lalu rendam wadah dengan air bersih atau alkohol. Kemudian, isi ulang larutan nutrisinya. Lakukan tahap ini minimal 1 – 2 minggu sekali. 

4. Perhatikan sanitasi lingkungan 
Cara merawat tanaman hidroponik selanjutnya adalah memperhatikan sanitasi lingkungan. Sanitasi lingkungan pada tanaman hidroponik berperan sangat penting karena mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Dengan begitu, anda harus sigap membersihkan rumput - rumput liar yang tumbuh disekitar tumbuhan. 
Lalu sekali lagi perhatikan kebersihan lokasi tanaman. Serta cek selalu intensitas cahaya yang masuk ke media tanam. Jangan buat media tanam terlalu lembab karena dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Usahakan untuk menyemprot pestisida atau obat sesuai dosis setiaps satu bulan sekali untuk menghindari hama. 

5. Sisihkan tanaman yang sehat dari tanaman yang sakit. 
Cara merawat tanaman hidroponik selanjutnya adalah menyisihkan tanaman yang sehat dari tanaman yang sakit. Tak bisa dipungkiri, keberadaan hama yang berkembang membuat tanaman hidroponik rusak. Jika terjadi begitu, cabut dan sisihkan tumbuhan yang sakit tadi menjauh dari tanamn yang sehat. 
Hal ini digunakan agar penyait tidak menular dan kuman pada tumbuhan yang sakit tidak mencemari nutrisi yang diberikan. Solusi terbaiknya agar tidak menular adalah dengan membakarnya. Jadi, jangan sayang – sayang dengan tanaman yang rusak ya. 

Nah itulah, cara merawat tanaman hidroponik agar tumbuhan anda umbuh dengan baik. Meskipun mudah dilakukan, hal wajib yang harus anda lakukan adalah telaten, tekun, dan sabar. Dengan begitu, proses panen anda berjalan lancar. Selamat mencoba.