Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Paralon -Jika kita cermati lebih dalam, kita semakin kesusahan mencari sayuran dan buah yang alami karena pada saat bertani konvensional masih diberikan bahan kimia seperti pestisida untuk membunuh hama. Hal ini membuat kandungan alami dalam sayuran atau buah menjadi berkurang. Namun, hal in bisa diatasi dengan mengubah konsep bertani menggunakan metode hidroponik. 
Metode hidroponik adalah cara bertanam dengan menggunakan media tanam bukan tanah melaikan air ditambah dengan nutrisi. Metode hidroponik ini berkhasiat menumbuhkan sayuran atau buah lebih cepat tanpa menggunakan pestisda untuk menyuburkannya. Ada beberapa media yang dapat digunakan untuk tanaman hidroponik. Salah satunya dengan membuat tanaman hidroponik dengan paralon. 
Pada kesempatan kali ini, kita akan memberi informasi tentang cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon. Simak informasinya dibawah ini. 

Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon 

1. Persiapan Bahan dan Alat 
Cara yang pertama dalam membuat tanaman hidroponik dengan paralon tentu saja dengan mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan. Pada pembuatan tanaman hidroponik ini dapat menerapkan sistem NFT ( Nutrient Film Technique ). Alat yang diperlukan diantaranya adalah paralon berukuran 3 inchs, alat bor listrik, penutup paralon, penyambung paralon, penutup paralon, lem paralon, gergaji, selang, pompa aquarium, solder, media tanam hidroponik, benih tanaman, serta wadah tanam dari gelas plastik. 
Pastikan untuk memotong paralon dan menutupnya dengan penutup paralon pada satu sisi paralon, sedangkan pada satu sisi yang lain diberi sambungan paralon untuk membentuk jalur air ke paralon lain. 

2. Pembuatan lubang paralon 
Yang kedua dalam cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon adalah melubangi paralon. Untuk anda masih pemula, dianjurkan untuk membuat dua jalur menggunakan dua paralon saja. untuk melubanginya anda perlu menyiapkan mesin bor dengan ukuran diameter gelas plastik. Berilah jarak 20 cm setiap lubang agar nantinya, jika sayuran tumbuh besar tidak berhimpitan. Setelah itu, tutup salah satu sisi paralon menggunakan penutup paralon, dan disisi lainnya menggunakan panyumbung parolon. 

3. Melubangi Gelas Plastik 
Selanjutnya, cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon adalah melubangi gelas plastik. Pastikan untuk menetapkan jumlah gelas platik kurang satu dengan lubang pada paralon. Salah satu lubang para paralon harus dikosongkan untuk tempat pemberian nutrisi hidroponik. Setelah itu, lubangi sisi bawah gelas plastik dengan solder. Lalu, buat lubang kecil – kecil disekeliling sisi gelas. 

4. Penyemaian benih dalam busa 
Setelah itu, penyemaian benih dalam busa. Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon ini menggunakan media tanam busa untuk menyerap air lebih maksimal. Untuk itu, potong busa menjadi ukuran sedang dan sesuaikan dengan besarnya gelas plastik. Setelah itu, semaikan benih ke dalam busa sebelum dimasukkan ke dalam gelas. Dalam satu paralon, anda dapat menanam beberapa tanaman. 

5. Pemberian Nutrisi rutin 
Cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon yang terakhir adalah pemberian nutrisi rutin. Setelah melewati keempat cara diatas, anda dapat menuangkan air bersih kedalam lubang kosong tadi. Setelah itu, masukkan selang dengan pompa untuk memasukkan air. Pastikan tinggi air tidak memenuhi paralon. 
Setelah itu, tunggu beberapa hari untuk pertumbuhan generatif atau vegetatif. Lalu berikan larutan nutrisi yang sesuai untuk tumbuhan. Dan tunggu lagi pada bulan berikutnya. 
Yup, itulah cara membuat tanaman hidroponik dengan paralon. Media paralon ini merupakan cara yang paling populer dalam menanam metode hidroponik. Usahakan untuk membersihkan sekeliling paralon serta sesuaikan suhu untuk panen yang lebih baik. Ohiya, selain dengan paralon, anda juga bisa membuatnya dengan botol bekas. Selamat bercocok tanam.