Daftar Macam-Macam Sayuran dan Buah Hidroponik

Kumpulan Jenis-Jenis Daftar macam-macam sayuran dan buah hidroponik-Hidroponik merupakan salah satu terobosan baru dalam bercocok tanam, metode ini membudidayakan menanam tanaman tanpa menggunakan tanah. Metode hidroponik ini bisa berkembang dimana pun jika nutrisi air dan mineral terpenuhi dnegan baik. Hal ini membuat metode hidroponik mudah diaplikasikan ke banyak macam sayuran dan buah. Yang kita sebut sebagai macam sayuran dan buah hidroponik. 

Lantas apa saja macam sayuran dan buah hidroponik yang perlu anda ketahui? Untuk mengetahui, berikut adalah daftar macam sayuran dan buah hidroponik. Simak informasinya dibawah ini. 

Daftar Macam Sayuran dan Buah Hidroponik 

1. Sawi Hijau Hidroponik 
Macam sayuran dan buah hidroponik yang pertama adalah Sawi Hijau. Tanaman sawi hijau termasuk tanaman hidroponik yang mudah ditanam. Kebutuhan pasar yang terus meningkat membuat sawi hijau menjadi sauran yang paling dicari. Sawi hasil tanaman hidroponik akan tumbuh lebih cepat. Dengan begitu, menanam sawi menggunakan metode hidroponik menjadi solusi terbaik. 

2. Sayuran Kailan Hidroponik 
Tanaman kailan atau biasa disebut brokoli cina. Tanaman ini tidak terlalu populer dibanding sayuran – sayuran lainnya. Namun, keberadaanya dapat menjadi keuntungan bagi penikmatnya sendiri. Kailan dikenal sebagai sayuran yang bergizi bagi tubuh. Tanaman yang tampak seperti kangkung ini merupakan macam sayuran dan buah hidroponik yang baik dikembangkan. Untuk itu, banyak petani yang menanam tanaman ini. 

3. Selada Hijau Hidroponik 
Macam sayuran dan buah hidroponik selanjutnya adalah Selada hijau. Untuk restoran – restoran atau rumah makan sederhana banyak yang memerlukan selada hijau. Keberadaannya sering dipakai sebagai hiasan agar makanan terlihat lebih segar dan lezat. Bahkan selada hijau juga diperlukan untuk beberapa makanan seperti gado-gado, dan lain lain. Untuk itu, bercocok tanam menggunakan metode hidroponik sangat membantu selada hijau tumbuh lebih cepat. 

4. Buncis Hidroponik 
Macam sayuran dan buah hidroponik selanjutnya adalah buncis. Siapa yangtak kenal buncis? Pasti semua diantara kita mengenal sayuran satu ini. Sayuran buncis merupakansalah satu sayuran yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C serta protein nabati. Menggunakan metode hidroponik untuk sayuran buncis sangat dianjurkan, karena tanaman akan mudah dibudidayakan. 

5. Pare Hidroponik 
Sayuran pare merupakan salah satu macam sayuran dan buah hidroponik yang sering dibudidakan para petani sayur. Meski memiliki rasa yang pahit, sayuran pare sangat digemari oleh masayarakat indonesia. Rasa pahit yang dimiliki pare mengandung banyak gizi seperti vitamin A, B, C serta zat besi. Jika anda menerapkan metode hidroponik dalam penanaman sauran pare dengan tepat, tanaman ini mampu menghasilkan 10 kg pare setiap pohonnya. Karena termasuk tanaman yang lebih produktif dibanding sayuran lainnya. 

6. Brokoli Hidroponik 
Macam sayuran dan buah hidroponik selanjutnya adalah brokoli. Tanaman yang mempunyai banyak nutrisi penting ini mempunyai banyak fungsi sebagai bahan makanan ataupun garnis. . Tanaman brokoli cenderung tumbuh didataran tinggi minimal 800 sampai 1000 dpl. Meski begitu, seiring berkembangnya jaman tumbuhan yang biasa berkembang biak di pegunungan ini bisa diudidayakan didataran rendah menggunakan metode hidroponik. 

7. Strawberry Hidroponik 
Salah satu macam sayuran dan buah hidroponik yang banyak dibudidayakan adalah Strawberry sebagai buah yang mengandung banyak vitamin C ini juga biasa berkembangbiak didataran tinggi layaknya brokoli. Namun dengan penanaman menggunakan metode hidroponik, strawberry dapat dikembangkan didataran rendah juga. Tahukah kamu, bahwa menanam strawberry menggunakan metode hidroponik menghasilkan lebih banyak buah karena tanaman meyerap lebih banyak nutrisi. 

Berikut diatas merupakan daftar macam sayuran dan buah hidroponik yang sering dikembangkan oleh petani Indonesia. Dengan adanya metode hidroponik ini dinilai beberapa pembudidaya lebih efisien dan efektif dalam menanam sayuran dan buah. Selamat bercocok tanam.