Cara menanam tanaman hidroponik yang baik dan benar

Cara menanam tanaman hidroponik yang baik dan benar-Hidroponik adalah solusi terbaru untuk penyuka bercocok tanam karena tidak perlu mencari tempat yang luas dan repot – repot mencari tanah karena menanam tanaman hidroponik bisa dilakukan dimana saja. Anda bisa menggantungnya ditembok atau anda bisa menggunakan bahan bekas. Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.
Selain itu, disamping bahan dan alat yang dipakai sangat murah, menanam tanaman hidroponik juga dapat mengasah kreativitas anda untuk mengolah dan berkaya lewat bercocok tanam. Hal inilah yang menjadikan tanaman hidroponik menjadi cara bercocok tanam yang sedang naik daun. 

Untuk itu, bagaimana cara menanam tanaman hidroponik? Simak informasi dibawah ini. 

Cara menanam tanaman hidroponik 
Pada dasarnya, cara menanam tanaman hidroponik memiliki beberapa cara. Disini kita akan membahas dua cara diantaranya adalah cara menenam tanaman hidroponik mengunakan NFT dan Cara menanam tanaman hidroponik menggunakan WICK. Cara kedua ini merupakan cara yang paling sering dipakai masyarakat. 

1. Cara Menanam Tanaman Hidroponik Menggunakan NFT (Nutrient Film Technique) 
Menanam tanaman hidroponik menggunakan NFT merupakan cara yang paling populer dikalangan masyarakat. Untuk menanam tanaman hidroponik menggunakan NFT, anda harus menyiapkan abahan dan alatnya yang diantaranya : beberapa potong Pipa atau talang, pompa, dan solder. 
Selanjutnya, anda bisa melubangi pipa sesuai dengan panjangnya menggunakan solder atau pemotong yang lainnya. Pastikan untuk melubanginya dengan jarak dan besar yang sama. Lalu, susun pipa –pipa tersebut membentuk seperti tangga. Setelah itu, siapkan penampung pada tiap ujung pipa yang lebih rendah. Setelah itu, pasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi. Hal ini membuat akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang berada diatas air dan menjaga sirkulasi tanaman tetap teratur mengalirkan nutrisi, oksigen, dan air. 

2. Cara menanam tanaman Hidroponik menggunakan WICK 
Menanam tanaman menggunakan WICK ini merupakan salah satu cara termudah untuk menanam tanaman hidroponik yang pastinya juga tidak kalah populer dibanding cara pertama. Untuk awalnya, anda harus menyiapkan beberapa bahan dan alat yang diantaranya: botol air mineral bekas, alat pemotong, kain flanel atau sumbu kompor, solder atau paku, serta yang pasti air nutrisi. Pastikan untuk menyiapkan air nutrisi yang berkualitas agar tanaman tumbuh dengan baik. 
Setelah menyiapakan bahan dan alatnya, anda bisa memulainya dengan memotong botol bekas menajadi dua bagian, lalu lubangi tutup botol. Setelah itu sambungkan ke dua botol dengan membalik bagian moncong botol menghadap bawah. Selanjutnya, pasang sumbu kompor atau kain flane tadi pada lubang tutup botol. Upayakan untuk mengisinya sesuai dengan kapasitas menyerap air nutrisi. Setelah itu, tanam bibit tanaman dengan tanah secukupya pada bagian botol yang atas. Terakhir isi botol dengan air nutri sesuai kebutuhan. 
Dengan menanam tanaman hidroponik menggunakan kedua cara diatas, akan menghasilkan panen yang lebih cepat. Selain itu anda harus memperhatikan ketepatan waktu pemberian nutrisi, memperhatikan intensitas cahaya serta mengatur suhu lingkungan disekitar tanaman. Untuk para pemula, disarankan untuk memperhatikan jumlah air nutrisi yang tepat serta memastikan air nutrisi terserap dengan baik. Hal ini disebaban karena menanam tanaman hidroponik hanya mempunyai nutrisi melalui air utrisi saja. Dengan begitu, tanaman hasil cocok tanammu tumbuh dengan sempurna. 
Dengan demikian, cara menanam tanaman hidroponik memberikan anda pengalaman dalam merawat tanaman dengan cara yang kreatif. Selain kreatif, hidroponik juga menghemat energi serta uang anda. Dengan adanya cara hidroponik ini membuat bercocok tanam menjadi disukai banyak orang. Selamat bercocok tanam.