Syarat Tumbuh Tanaman Temulawak

shares

Syarat Tumbuh Tanaman Temulawak - Budidaya Petani. Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan Syarat Tumbuh Tanaman Temulawak.

Syarat Tumbuh Tanaman Temulawak

Syarat Tumbuh Tanaman Temulawak

  1. Iklim
    • Secara alami temulawak tumbuh dengan baik di lahan-lahan yang teduh dan terlindung dari teriknya sinar matahari. Di habitat alami rumpun tanaman ini tumbuh subur di bawah naungan pohon bambu atau jati. Namun demikian temulawak juga dapat dengan mudah ditemukan di tempat yang terik seperti tanah tegalan. Secara umum tanaman ini memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap berbagai cuaca di daerah beriklim tropis.
    • Suhu udara yang baik untuk budidaya tanaman ini antara 19-30 o C.
    • Tanaman ini memerlukan curah hujan tahunan antara 1.000-4.000 mm/tahun.
    1. Media Tanam : Perakaran temulawak dapat beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis tanah baik tanah berkapur, berpasir, agak berpasir maupun tanah-tanah berat yang berliat. Namun demikian untuk memproduksi rimpang yang optimal diperlukan tanah yang subur, gembur dan berdrainase baik. Dengan demikian pemupukan anorganik dan organik diperlukan untuk memberi unsur hara yang cukup dan menjaga struktur tanah agar tetap gembur. Tanah yang mengandung bahan organik diperlukan untuk menjaga agar tanah tidak mudah tergenang air.
    2. Ketinggian Tempat : Temulawak dapat tumbuh pada ketinggian tempat 5-1.000 m/dpl dengan ketinggian tempat optimum adalah 750 m/dpl. Kandungan pati tertinggi di dalam rimpang diperoleh pada tanaman yang ditanam pada etinggian 240 m/dpl. Temulawak yang ditanam di dataran tinggi menghasilkan rimpang yang hanya mengandung sedikit minyak atsiri. Tanaman ini lebih cocok dikembangkan di dataran sedang.
    Demikian artikel Syarat Tumbuh Tanaman Temulawak, semoga bermanfaat.
     
     Artikel lainnya:
    Terimakasih atas kunjungannya.

    Related Posts

    0 komentar:

    Poskan Komentar