LOKASI YANG COCOK UNTUK BUDIDAYA CACING TANAH

shares

LOKASI YANG COCOK UNTUK BUDIDAYA CACING TANAH - Budidaya Petani. Supaya budidaya cacing tanah bagus hasilnya, maka perlu memperhatikan lokasi yang bagus untuk budidaya cacing tanah. Berikut beberapa tips LOKASI YANG COCOK UNTUK BUDIDAYA CACING TANAH:
  1. Tanah sebagai media hidup cacing harus mengandung bahan organik dalam jumlah yg besar.
  2. Bahan-bahan organik tanah dpt berasal dr serasah (daun yg gugur), kotoran ternak atau tanaman & hewan yg mati. Cacing tanah menyukai bahan-bahan yg mudah membusuk karena lebih mudah dicerna oleh tubuhnya.
  3. Untuk pertumbuhan yg baik, cacing tanah memerlukan tanah yg sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2. dgn kondisi ini, bakteri dalam tubuh cacing tanah dpt bekerja optimal untuk mengadakan pembusukan atau fermentasi.
  4. Kelembaban yg optimal untuk pertumbuhan & perkembangbiakan cacing tanah adalah antara 15-30 %.
  5. Suhu yg diperlukan untuk pertumbuhan cacing tanah & penetasan kokon adalah sekitar 15–25 derajat C atau suam-suam kuku. Suhu yg lebih tinggi dr 25 derajat C masih baik asal ada naungan yg cukup & kelembaban optimal.
  6. Lokasi pemeliharaan cacing tanah diusahakan agar mudah penanganan & pengawasannya serta tidak terkena sinar matahari secara langsung, misalnya di bawah pohon rindang, di tepi rumah atau di ruangan khusus (permanen) yg atapnya terbuat dr bahan-bahan yg tidak meneruskan sinar & tidak menyimpan panas.
Baca selengkapnya ttg BETERNAK/ BUDIDAYA CACING TANAH di link berikut:
BETERNAK/ BUDIDAYA CACING TANAH
Terimakasih atas kunjungannya.

Related Posts