Bibit Tanaman Kedondong

shares

Bibit Tanaman Kedondong - Budidaya Petani. Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai bibit kedondong adalah sebagai berikut.

A. Benih harus memenuhi syarat-syarat pertumbuhan, yaitu:
  • Berasal dari tanaman induk yang sehat.
  • Benih yang dibeli di toko harus mempunyai persen kecambah sekitar 80% dan persen kemurniannya juga perlu diperhatikan.
  • Benih dari pembiakan vegetatif dari bagian tanaman yang sehat dan dewasa.
  • Benih dapat disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanam agar benih dapat tahan terhadap keadaan lingkungan.
B. Penyiapan Benih Kedondong
  • Benih kedondong dapat dilakukan secara generatif atau secara vegetatif. Secara generatif adalah dengan menggunakan biji. Benih yang berasal dari biji, setelah tumbuh dewasa sifat-sifat dari induknya akan berbeda. Sehingga kebanyakan orang menggunakan pembiakan vegetatif untuk memperbanyak tanaman kedondong. Pembiakan vegetatif dapat dilakukan dengan cara cangkok, stek batang/dengan okulasi sambungan.
C. Teknik Penyemaian Benih Kedondong
  • Benih dapat disemai terlebih dahulu pada tempat pesemaian yang biasanya dibuat dengan naungan dan pinggirnya ditutup dengan jaring kawat untuk melindungi benih dari gangguan hewan. Penyemaian dilakukan dengan menggunakan tanah humus atau tanah dicampur dengan kotoran hewan, setelah tumbuh 4-5 daun dapat dipindahkan ke dalam polybag. Pemindahannya dilakukan dengan hati-hati karena akar tanaman dapat rusak. Benih disemai pada waktu 2-3 minggu sebelum tanam.
D. Pemeliharaan Pembibitan/ Penyemaian Tanaman Kedondong
  • Penyiraman diakukan setiap pagi dan sore hari. Penyiraman menggunakan gembor yang lubang-lubangnya kecil sehingga kucuran air tidak merusak tanah pesemaian. Apabila biji yang tumbuh terlalu banyak dan rapat maka perlu dijarangi. Jika benih terkena serangan hama maka penyemprotan pestisida dapat dilakukan dengan dosis yang rendah.
E. Pemindahan Bibit Kedondong
  • Setelah bibit kedondong sudah mencapai pertumbuhan yang baik dengan pertumbuhan daun antara 10-15 helai maka bibit siap ditanam/ dibudidayakan dilapangan. Waktu pemindahan bibit dilakukan pada pagi hari atau sore hari ketika udara masih sejuk. Setelah bibit dipindahkan dapat dilakukan penyiraman. 
Demikian artikel tentang Bibit Tanaman Kedondong  semoga bermanfaat
baca juga artikel kami yang lain yang berjudul  
Budidaya Kedondong
Syarat Tumbuh Tanaman Kedondong
Terimakasih atas kunjungannya.

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar